11 July 2018

Cara membuat Local Disk baru di Windows manual tanpa aplikasi

Banyak sekali cara untuk bisa membuat suatu local disk baru dalam komputer terutama dalam windows, ratusan aplikasi gratisan bisa anda cari sendiri di google, namun disini admin akan berbagi trik bagaimana membuat local disk tanpa aplikasi tambahan lagi, hanya menggunakan fitur yang sudah ada dari bawaan operating system Windows. Fitur tersebut adalah Disk Management.

Keuntungan membuat Local Disk Sendiri

Membuat Local Disk ini berfungsi untuk memisahkan data data yang adadidalam komputer anda agar tidak tercampur aduk antara satu dengan lainnya, selain itu juga bisa digunakan ketika anda ingin membuat multiple boot atau multiple operating system atau Operating system lebih dari satu. Keuntungan membuat local disk baru ini adalah untuk meghindari terjadinya corrupt file atau file yang rusak dalam jumlah yang banyak akibat virus, karena pada umumnya virus akan menyerang file file yang ada di operating system atau biasanya di local disk C, maka untuk lebih amannya banyak dari pengguna komputer memilih untuk menyimpan data mereka di luar local disk operating system, bisa di local disk D, E dan seterusnya.

Langkah-langkah membuat Local Disk baru di windows manual

  • Explorer - Right Click Computer - Manage

Silahkan anda masuk ke Windows Explorer, jika di windows 7 ultimate tampilan explorer nya seperti di bawah ini. Terdapat Pilihan "Computer" tepat di atas Local Disk Utama tempat anda menyimpan operating system. 


Silahkan pada menu Computer tersebut anda klik kanan dan pilih Manage, maka anda akan diarahkan ke kotak dialog computer management, disinilah kita akan membuat local disk.

  • Disk Mangement - Select Local Disk - Right Click - Shrink Volume - Enter the amount of space to shrink in MB - Shrink.

Silahkan anda pilih Disk Management pada kotak dialog Computer Management tersebut, kemudian pilih local disk mana yang ingin anda pisah atau yang ingin anda ambil kapasitasnya untuk di jadikan local disk yang baru. Klik kanan local disk tersebut lalu pilih Shrink Volume.


Muncul kotak dialog baru, disitu anda diminta memasukkan jumlah kapasitas calon local disk yang baru pada kolom Enter the amount of space to shrink in MB dalam satuan Mega Byte. Disini anda tidak perlu kuatir akan memakan kapasitas yang berlebihan, karena system sudah menentukan batas maksimal kapasitas yang bisa di ambil dalam local disk tersebut sesuai banyaknya ruang yang kosong, keterangannya bisa anda lihat pada kolom Size of available shrink space in MB, disini admin membuat local disk baru dengan kapasitas 9,5GB atau jika dalam satuan MB menjadi 9562MB. Jika sudah menentukan kapasitasnya, langsung saja klik Shrink.


  • Right Click unllocated Disk - New Simple Volume - Next - Finish

Anda akan diarahkan pada kotak dialog New Simple Volume Wizard, pada kotak dialog tersebut anda tinggal mengikuti saja langkah langkah nya, tekan saja Next - Next - Next dan Finish. Perhatikan jumlah Local Disk anda, batas maksimal local disk yang di perbolehkan windows adalah 3, jika lebih dari itu maka akan muncul Error seperti di bawa ini.

Pesan Error diatas tidak akan muncul jika jumlah local disk anda belum mencapai batas yang diijinkan.

Oke selesai, anda berhasil membuat local disk baru pada windows. Untuk menyatukan local disk juga sama menggunakan Disk Management, namun bedanya kita mengunakan fitur Extend Volume. Untuk lebih detail nya silahkan ikuti langkah - langkahnya di atikel berikutnya disini.
This Is The Newest Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
This Is The Newest Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post