Hot News

News

Tentang Adword dan Apa Saja Keuntungannya

Admin akan memulai penjelasan dengan beberapa point yang sering muncul di dunia E-Marketing seputar Adword :
  1. Apa Itu Adword
  2. Apa Keuntungan Adword
  3. Bagaimana Cara Menggunakan Adword
  4. Apa Itu Keyword Planer
  5. Bagaimana Cara Menggunakan Keyword Planer

Apa Itu Adword?

Adword merupakan platform unggulan dari Google Webmaster yang bisa kita gunakan sebagai alat bantu memasarkan produk di dunia maya, dengan Adword, Para Marketer bisa mengatur sendiri iklan yang ditampilkan mulai dari Penempatan, Bahasa, Tampilan, Target, hingga biaya iklan. Platform ini merupakan kebalikan dari Google Adsense, karena dalam platform tersebut di khususkan untuk para Developer Website atau Blog dengan niche atau Tema tertentu, Para Developer mendapat Fee atau Upah ketika iklan yang di tayangkan dalam Website mereka di kunjungi oleh Konsumen. Dari mana asal Fee atau Upah para Developer? Jawabannya adalah dari Para Marketer Elektronik yang memakai Jasa Google Adword untuk mengenalkan produknya, tentu saja iklan yang ditampilkan dalam tiap website tersebut sesuai dengan niche atau temanya masing-masing. Kesimpulannya, Pengguna Adword dan Pengguna Adsense akan saling menguntungkan, Adsense membantu menampilkan atau mempromosikan produk dari Adword, dan Adword memberikan upah kepada Adsense. 


Misalnya saja dalam sebuah kasus, Developer Website membuat Niche tentang Kesehatan, dan kemudian Marketer memiliki Produk Kesehatan dan ingin memasarkannya di dunia maya dengan Adword, maka iklan atau produk kesehatan tersebut akan muncul dalam konten website Kesehatan yang dibuat oleh para Developer Website tersebut, sehingga hal ini akan lebih tepat sasaran dan tentunya mempersingkat waktu promosi, tidak hanya itu masih ada banyak keuntungan Adword.

Apa Keuntungan Adword?

Sebagaimana kita tahu, Googel Webmaster merupakan perusahaan Search Engine atau Mesin Pencari yang paling terkemuka dan terbsar didunia saat ini, dan sudah tentu banyak sekali manfaat atau kentungan dengan menggunakan jasa Google Adword ini :

1. Dana yang anda keluarkan untuk promosi akan lebih tertarget.

Adword menggunakan sistem PPC (Pay Per Click) untuk menghitung biaya iklan, anda akan dikenakan biaya HANYA JIKA iklan atau promosi anda benar - benar dikunjungi oleh konsumen yang tepat dan benar - benar membutuhkan produk anda karena iklan yang ditampilkan mengikuti konten website dengan niche yang sama atau sesuai niche iklan.
Ada 3 jenis pembayaran yang disediakan dalam Adword

Pay Per Thousand Impression : Anda akan di kenakan biaya hanya jika iklan anda telah dilihat atau impression oleh 1000 (seribu) pengunjung situs, Cara ini merupakan trik yang bagus jika anda sebagai Mareter ingin lebih banyak dilihat produnya di pasar.

Pay Per Click : cara ini kebalikan dari cara pertama Pay Per Thousand Impression, yaitu anda akan dikenakan biaya setiap kali pengunjung atau konsumen melakukan klik dan mengunjungi iklan anda, dan apabila konsumen hanya melihat iklan anda, maka anda tidak akan dikenakan biaya sedikit pun.

Pay Per Conversion : Cara ini menurut admin adalah cara yang paling efektif dari ketiga cara sebelumnya, yaitu anda dikenakan biaya hanya ketika Goal atau target iklan anda terpenuhi, Goal tersebut bisa berupa waktu kunjungan konsumen terhadap iklan, pendaftaran member baru dalam iklan, penjualan produk anda didalam iklan, dan seterusnya.

2. Mendapatkan Pengunjung sesuai dengan yang di targetkan iklan

Adword hanya akan menampilkan iklan anda sesuai kata kunci yang dicari oleh konsumen dan yang telah marketer Set atau atur sebelumnya. Seperti penjelasan sebelumnya tentang Niche Kesehatan oleh Developer dan Produk Kesehatan oleh Marketer, misalkan anda punya produk Kesehatan dan anda mentargetkan iklan pada kata kunci atau Keyword "Produk Kesehatan Alami", Maka Iklan anda akan muncul ketika konsumen melakukan pencarian di dalam mesin pencari google dengan kata kunci tersebut sehingga akan lebih tertarget sesuai bisnis iklan anda.

3. Ranking SEO Situs Produk akan meningkat

Cara penampilan Situs dalam Mesin Pencari Google saat ini berdasarkan ranking SEO, jika ranking SEO anda bagus maka sangat besar kemungkinan situs anda akan berada di Page 1 bahkan bisa di Nomor 1.  Bagaimana hal itu bisa terjadi? karena Situs anda menggunakan Kata Kunci untuk setiap pengunjung yang datang, jika semakin banyak pengunjung dengan kata kunci yang telah anda setting sabelumnya di point ke 2(dua), maka Google akan menginput kata kunci tersebut sebagai optimasi SEO.

4.Omset meningkat drastis

Perlu digaris bawahi bahwa Google telah membuat pernyataan mengenai jaminan kenaikan omset Pengiklan, pihak Google tidak bisa memastikan omset anda akan naik walaupun banyak yang telah membuktikan dengan adanya Adword justru omset mareka malah naik 10 sampai 50 persen atau bahkan bisa lebih. Semua itu tergantung strategi anda dalam mengatur iklan terutama Dana dan Kata Kunci atau Keyword yang dipilih, serta jenis produk atau bisnis anda.

Apa Itu Keyword Planer

Disnilah anda bisa melakukan Riset Keyword atau Kata kunci, Adword telah menyediakan banyak fitur untuk mengoptimalkan produk atau jasa pengiklan yang salah satunya Keyword Planer. Ini adalah Fitur Gratis yang bisa anda gunakan untuk mencari Kata Kunci yang sering di cari oleh pengguna internet, sehingga anda bisa menentukan jenis bisnis apa yang saat itu sedang populer.

Bagaimana Cara Menggunakan Keyword Planer

Bagi pemula hal ini akan sangat membingungkan, karena di halaman utama keyword planer ini tampak Google mengarahkan anda untuk memasang iklan. Maka dari itu admin akan memberikan jalan pintas agar anda tidak terjerumus lebih dalam, karena tujuan anda adalah masuk ke Keyword Planer.
Gunakan Link berikut untuk masuk ke Laman Utama New Session Adword Keyword Planer


jika anda sudah terlanjur terjerumus ke halaman pemasangan iklan, maka anda bisa mngulanginya lagi dengan mengunjungi link di atas.

setelah anda masuk ke link tersebut maka akan tampil seperti di bawah ini :
Tekan Skip the guide setup. dan selanjutnya anda akan di arahkan ke halaman berikut :
masukkan email anda dan selanjutnya isikan data seperti contoh diatas, dan tekan Save and Continue
Tampilan jika anda sudah terjerumus sebelumnya akan sedikit berbeda dengan yang baru pertama kali mengunjungi laman ini.
perbedaanya ada di bawah kolom Currency, perhatikan gambar di bawah ini :
ada kotak kuning dengan tulisan yang menandakan bahwa anda telah memulai sesion sebelumnya, dan akan memulai sesion baru Adword. di situ anda klik saja Click Here.

dan selanjutnya akan di arahkan ke halaman yang sama seperti berikut :
Pada halaman tersebut klik Tombol Tool,Billing, and setting yang berlogo seperti kunci. kemudian pilih Keyword Planer.
Selanjutnya Pilih Search new Keyword using a phrase, website or category
dan masukkan kata kunci pada kolom Your Product or Service dan Klik tombol Get Ideas. Lihat Gambar di bawah
disini sebagai contoh, admin menggunakan keyword "kecantikan"
dan inilah hasil dari pencarian keyword "kecantikan"
didalam halaman ini anda bisa melihat rata-rata pencarian oleh pengguna internet di Google dengan keyword "kecantikan", serta kata kunci lain yang serupa dengan kata kunci "kecantikan"

Avg.monthly searches adalah Rata-rata pencarian di tiap bulannya

Competition adalah tingkat persaingan penggunaan Kata kunci

Cukup sekian penjelasan dari admin INFOQTA semoga bermanfaat untuk anda.
silahkan tingalkan komentar jika ada yang ingin dipertanyakan atau request yang lainnya.
Tentang Adword dan Apa Saja Keuntungannya Reviewed by rodok raramah on February 24, 2018 Rating: 5

1 comment:

  1. triknya sangat mudah dipahami dan dipraktekkan, terima kasih

    ReplyDelete

All Rights Reserved by Sumber Ilmu © 2017
Powered By Blogger

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.